Jumat, 20 Juli 2012

Mameha in memoriam


Mei 2012

Matanya bulat dengan pupil vertikal sempurna, tinggi semampai, ngga kurus ga gemuk, rambutnya hitam kilap, berpadu dengan putih bersih, menjuntai hingga bawah dan berkaos kaki. Cantik! Dia adalah kucing kosku, Mameha namanya ^^

Mameha adalah istri yang baik, setia. Suaminya (kalo boleh disebut demikian) lho cuma satu. Sejauh pengamatan saya, ia tidak pernah selingkuh. Hehe, suaminya pun demikian. Mereka sungguh pasangan yang setia. Tahukah kawan? Setiap malam minggu (saat itu) -sekarang kayaknya malah tiap malam- si suami (selanjutnya disebut Papahe) selalu apel, dan percayakah kawan? Mereka akan kencan berdua, kadang di kos kadang keluar jalan-jalan. Saksi mata menyebutkan pernah memergokinya sedang berjalan bareng d kos depan, menuju arah barat. Saksi lainnya menceritakan pernah melihat mereka berduaan di jemuran, ckckck.. Dan saat waktu kencan itu berlangsung, keempat anaknya tidak boleh ada yang ikut, haha (kucing aja punya privasi). Papahe juga ayah kucing yang baik, dia sayang anak-anaknya. Terbukti dia selalu menengok anaknya sebelum mengajak pergi mboknya alias Mameha. Papahe juga selalu berusaha memberi tanda teritori sebagai wilayah keluarganya (insting macan), tapi untuk yang satu ini sangat ditentang warga kos.
Mameha juga ibu kucing yang baik, sangat baik malah. Sepertinya karena traumanya akan 3 anaknya yang dulu diculik dan (mungkin) dimakan kucing penculik, maka 4 anaknya yang sekarang sangat dipelihara dengan baik. Sejak jebrot, 4 anak kucing dapat asi eksklusif, hingga sekarang! Sudah 4 bulan euy. Hmm cuman yang sekarang sudah diberi makanan tambahan di luar asi sih,. Tapi kan harusnya disapih. Emang mameha tu ibu kucing yang selalu memanjakan anaknya. Huhh efek trauma kehamilan pertama kali ya.

Kesayangan mameha pada anak-anaknya sudah tampak sejak bayi njebrot, sebelum lahiran juga mameha sangat memperhatikan kandungannya, deuuuhhh kaya manusia banget. Untuk persiapan kelahiran, mameha pun sering mengunjungi kamar anak2 kos dan sekitarnya untuk survey tempat paling aman dan nyaman untuk melahirkan. Ckckck dan akhirnya mameha menjatuhkan pilihan di lemari sudut pertigaan blok 5 dan blok 1 untuk melahirkan. Empat anaknya lahir normal, lucu-lucu..

Dua minggu kemudian, anak-anak kos mulai rame dan ga nyaman dengan mameha dan baby2 kucing yang mulai menyebarkan bau tak sedap. Mameha mencari akal. Ia kembali survey ke tiap blok asrama Kartini-kartini, termasuk ke kamarku. Hmm seperti yang kalian duga, mameha memindahkan anak-anaknya ke DEPAN KAMARKU! Glekk!

Sehari dua hari berjalan biasa saja, hari ketiga mameha kembali memindahkan anaknya tepat di depan pintu kamarku! Welaaaaaaahhh! Dan taukah kawan? Ia menempati keranjang cucian Andin (bukan nama sebenarnya-red), tetangga kamarku. Sepertinya ia berpikir biar anak2nya ga kedinginan. Pintar sekali.

Aku ga tega, begitu juga si Andin dan si Ihir yang akhirnya terpaksa membiarkannya tinggal di situ.
Sekitar 3 minggu, mameha menunjukkan kepintarannya lagi. Mameha mulai mengajari anak-anaknya makan tikus. Bagus siih menunjukkan bahwa ini lho yang nantinya bakal kamu makan naakk, tapi alamaaaaak Mameha mengajari anak-anaknya depan kamarku! Ia membawa bangkai tikus ke markasnya depan pintu kamarku persiss! Wadaooowww aku harus marah guling-guling!

Aku marah!

Keesokan paginya, segera kubereskan mereka (baca: usir). Sebenarnya bukan maksudku menganiaya mereka karena saat itu ga tahunya hujan duerrreeeessss banget, gluduk banter pula. Aku marah dan mengatakan pada Mameha, “Mam, jangan di sini lagi ya!!sana cari tempat dulu, dan bawa anak2mu pergi!” Mameha menatapku sayu (swearr) dan segera naik ke atas (lt 3). Aku pun segera membereskan anak2 nya yang tertinggal. Depan kamarku kucuci bersih, dipel hingga mengkilapp! Tiba-tiba Mameha datang (turun lagi) mencari anaknya sambil mengeong meminta belas kasihan. Aku diam saja, kasiaan si kalo mereka harus menembus hujan mencari tempat tinggal. Tapi hujan datang belakangan, aku kadung mangkel dan jengkel karena berikutnya aku temukan ternyata eo’ anak2 mameha sudah berserakan di balkon depan kamarku. Huuhhhh. Mameha datang tergesa ketakutan karena aku marah. Terkaget-kaget aku melihatnya, ia dengan telaten menggendong satu persatu anaknya dengan mulutnya, ia bawa menuju lantai 3, mencari tempat lain. Dramatiss, mameha menembus hujan deras dengan gludugnya, membawa anaknya satu persatu bergantian.. satu persatu bergantian.. naik turun tangga.. Aku terpaku. Terharu.


Betapa mameha, seekor ibu kucing yang sangat sayang anaknya, dan ia pintar.


ni bukan Mameha (he.. aku punya nya ini), ini anaknya yang lagi main2 sama Once, piaraanku yang lain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan pesan.. bebas, sopan, dan tidak berbau SARA ya.. nuhun