Pertama dateng, sebelum
bertualang mereka mendengarkan dulu penjelasan dari mas Yudhis (fasi kelas1). Mereka sangat antusias dan aktif,
meski mendengarkan dengan ‘aras-arasen’, haha biasa anak-anak. Buktinya setiap
ada salah ucap dari mas Yudhis sering sebagian besar dari mereka protes dan
meralatnya, berarti mereka mendengarkan bukan? Ckckck.
Mereka mulai berkelompok
dan menyiapkan alat tulisnya. Mereka tahu lho apa yang dibutuhkan untuk mencari
data di lapangan. Buktinya mereka pasang sendiri clip board, menyiapkan pensil,
memakai topi, beberapa crayon untuk penanda warna, dan tak lupa borang atau
kertas data yang harus mereka isi nanti. Seeep..
‘Permisi mas, kami dari
SD SALAM mau tanya-tanya’ yuhuuu mereka pun tahu pentingnya minta izin. Perlu
diketahui, mereka adalah siswa kelas 1 dan 2 SD. Saluutt!
Naah, tugas mereka
adalah mengisi borang tugas, mencari tahu ada ikan apa saja di kios yang mereka
kunjungi, plus info siapa penjual kiosnya, apa nama ikannya, apa warnanya,
berapa harganya, sampai dengan bolehkah dicampur dengan ikan lainnya? Wooww
mereka mengisinya dengan betul meski rada kesulitan menuliskannya, tapi hampir
semua terbaca dengan baik ^^. Malah banyak di antara mereka menghias kertas
tugasnya. Sangatt kreatif.
Saatnya istirahaaat..,
ayo makan yang banyak. Setelah
mengumpulkan data, kita makan, trus berdoa pulang. Terakhiir, kalian
boleh beli ikan untuk di bawa pulaaang.. horeee.
Hari ini saya belajar bagaimana mengajarkan anak-anak
menulis. Metode SALAM ini sangat efektif supaya kita bisa mengevaluasi apakah
mereka sudah hafal alfabet beserta cara menuliskannya atau belum. Dengan
mengikuti kesenangan mereka, mereka bisa lebih bersemangat untuk bisa menulis!
Anak-anak mana si yang ga suka di ajak jalan-jalan?? Ya, belajar bisa di mana
saja, karna bagi anak-anak SALAM, setiap tempat adalah sekolah ^^
Semoga kakak bisa ikut lagi belajar bersama kalian..
tetap semangat adik-adikku..!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan tinggalkan pesan.. bebas, sopan, dan tidak berbau SARA ya.. nuhun