Senin, 14 Januari 2013

(semacam) diary SALAM

Hari ini jadwalnya jalan-jalan bareng anak-anak SALAM (Sekolah Anak Alam Yk) ke PASTY. Wuahhh menyenangkan sekaligus mengejutkan, penuh pelajaran berarti, meski smua dari anak-anak usia dini. Hmm ternyata mereka benar-benar memberiku banyak pelajaran selain asli dari sananya lucu-lucu dan menggemaskan. Hehe.. setiap ikut kegiatan SALAM, saya slalu mendapatkan banyak hal baru hingga menambah semangat dan inspirasi. Selalu ada hal baru yang membuatku bengong, terheran, dan takjub. Oh, anak-anak itu emang inspiring children.


Pertama dateng, sebelum bertualang mereka mendengarkan dulu penjelasan dari mas Yudhis (fasi kelas1). Mereka sangat antusias dan aktif, meski mendengarkan dengan ‘aras-arasen’, haha biasa anak-anak. Buktinya setiap ada salah ucap dari mas Yudhis sering sebagian besar dari mereka protes dan meralatnya, berarti mereka mendengarkan bukan? Ckckck.

Mereka mulai berkelompok dan menyiapkan alat tulisnya. Mereka tahu lho apa yang dibutuhkan untuk mencari data di lapangan. Buktinya mereka pasang sendiri clip board, menyiapkan pensil, memakai topi, beberapa crayon untuk penanda warna, dan tak lupa borang atau kertas data yang harus mereka isi nanti. Seeep..

‘Permisi mas, kami dari SD SALAM mau tanya-tanya’ yuhuuu mereka pun tahu pentingnya minta izin. Perlu diketahui, mereka adalah siswa kelas 1 dan 2 SD. Saluutt!

Naah, tugas mereka adalah mengisi borang tugas, mencari tahu ada ikan apa saja di kios yang mereka kunjungi, plus info siapa penjual kiosnya, apa nama ikannya, apa warnanya, berapa harganya, sampai dengan bolehkah dicampur dengan ikan lainnya? Wooww mereka mengisinya dengan betul meski rada kesulitan menuliskannya, tapi hampir semua terbaca dengan baik ^^. Malah banyak di antara mereka menghias kertas tugasnya. Sangatt kreatif.

Saatnya istirahaaat.., ayo makan yang banyak. Setelah  mengumpulkan data, kita makan, trus berdoa pulang. Terakhiir, kalian boleh beli ikan untuk di bawa pulaaang.. horeee.

Hari ini saya belajar bagaimana mengajarkan anak-anak menulis. Metode SALAM ini sangat efektif supaya kita bisa mengevaluasi apakah mereka sudah hafal alfabet beserta cara menuliskannya atau belum. Dengan mengikuti kesenangan mereka, mereka bisa lebih bersemangat untuk bisa menulis! Anak-anak mana si yang ga suka di ajak jalan-jalan?? Ya, belajar bisa di mana saja, karna bagi anak-anak SALAM, setiap tempat adalah sekolah ^^
Semoga kakak bisa ikut lagi belajar bersama kalian.. tetap semangat adik-adikku..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan pesan.. bebas, sopan, dan tidak berbau SARA ya.. nuhun